HOLIFACT

Bukti Dukungan Pemerintah, Piala Presiden Akan Diadakan Dalam Bidang Esports!


  January 21, 2019

‘Piala Presiden’ tidak asing terdengar di telinga khalayak Indonesia yang sebelumnya adalah sebuah kompetisi sepak bola di tanah air. Jangan salah sangka, ternyata ‘Piala Presiden’ yang dimaksud adalah kompetisi Esports yang akan diselenggarakan oleh Pemerintah.

Dilansir esports.id, berdasarkan info pendalaman, penyelenggaraan Piala Presiden Esports 2019 akhirnya terkonfirmasi dengan adanya akun resmi @pialapresidenesports via Instagram. Dalam postingan perdananya, kita sudah bisa melihat logo berikut tajuk event yang merupakan kolaborasi antara pihak penyelenggara Indonesia Esports Premier League (IESPL) bersama dukungan pemerintah

Sepanjang tahun 2018, kita sudah melihat bagaimana perwakilan pemerintah cukup rutin hadir sebagai tamu kehormatan di berbagai event esports. Sebut saja Bapak Dr. H. Imam Nahrawi, S.Ag., M.KP, selaku Menteri Pemuda dan Olahraga yang mampir ke final JD.ID High School League.

Bukti Dukungan Pemerintah, Piala Presiden Akan Diadakan Dalam Bidang Esports! (3)

Sempat pula Bapak Rudiantara .S. Stat. MBA, sebagai Menteri Komunikasi dan Informatika, turut hadir di acara pembukaan SEACA dan WESG. Ini baru segelintir nama petinggi pemerintahan yang tampaknya mulai serius untuk menggencarkan dukungan terhadap perkembangan esports, khususnya dengan usulan konsep gelaran event bermahkotakan Piala Presiden di tahun 2019 ini.

Pemerintah semakin yakin bahwa masa depan esports bakal kian cerah, terlebih setelah gelaran Asian Games 2018. Tidak hanya sukses sebagai penyelenggara, tapi sejumlah duta esports kita berhasil menorehkan hasil membanggakan dengan mengungguli pemain dan tim dari negara lain untuk naik ke podium juara, meski saat itu esports masih berskala ekshibisi. Secara terbuka, Menpora Imam Nahrawi mengungkapkan Piala Presiden akan menjadi tindak lanjut dari kesuksesan penyelenggaraan Asian Games 2018.

Bukti Dukungan Pemerintah, Piala Presiden Akan Diadakan Dalam Bidang Esports! (2)

Photo: instagram/JD.HSL

“Sudah menjadi kegandrungan anak-anak muda milenial memanfaatkan waktu luangnya untuk bertanding melawan teman atau lawan dalam game. Itu harus disalurkan,” tutur Imam Nahrawi, Menpora RI. Adapun rencana pengembangan esports sendiri sudah jadi salah satu prioritas dari Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf).

Triawan Munaf, selaku Kepala Badan Bekraf, menyampaikan hal senada di mana penyelenggaraan turnamen Piala Presiden merupakan titipan permintaan Presiden Joko Widodo yang ingin agar esports semakin gencar di tanah air.

“Tahun depan, kegiatan esport kami akan lebih gulirkan lagi. Persiapan sudah dilakukan mulai tahun ini, dan tahun depan kami puncaki dengan Piala Presiden untuk esport,” kata Triawan Munaf yang dikutip dari bola.kompas.com, pada acara diskusi bertajuk “Games Sebagai Peluang Usaha dan Profesi untuk Generasi Milenial” di kawasan Raden Saleh, Jakarta, Minggu (23/12).

Penulis Editor : Koco

Sumber : Esports.id

Berita Satu Plaza, Floors.10, Jl. Gatot Subroto 35-36, Jakarta Selatan 12250

CONTACTUS@HOLIDAYONAIR.COM

+6281 212 332 141