NEWS

Fenomena Vinyl atau Piringan Hitam! Why Now?


  April 20, 2017
Yup vinyl, atau yang dikenal juga dengan nama lain seperti : plat, piringan hitam, atau biasa juga dikenal sebagai records. Nah selang beberapa tahun terakhir, vinyl tiba – tiba menjamur di seluruh dunia, bahkan juga di Indonesia !

Holiers ! Pasti familiar dengan yang namanya vinyl. Yup vinyl, atau yang dikenal juga dengan nama lain seperti : plat, piringan hitam, atau biasa juga dikenal sebagai records. Nah selang beberapa tahun terakhir, vinyl tiba – tiba menjamur di seluruh dunia, bahkan juga di Indonesia ! Dengan adanya berakhir era kaset, CD, dan DVD yang bisa dibilang generasi selanjutnya dari vinyl, sekarang trendnya malah berputar kembali lagi ke vinyl, aneh nggak menurut lo ?

Dengan adanya era digital seperti sekarang, yang dimana lo bisa download legal or ilegally, keberadaan vinyl, bisa dibilang cukup absurd. Walaupun kalo kita lihat kembali, ternyata berpikir para pecinta musik bisa dibilang logis, dengan alasan – alasan sebagai berikut :

Vinyl Player

Vinyl Player

  • Harga yang lebih masuk akal

Dengan adanya lagu yang bisa didownload secara digital, baik satu album atau didownload hanya untuk beberapa lagu. Dimana satu album mungkin, bisa berkisar antara $ 20 – $ 35. Sedangkan lagu yang yang didownload secara single berkisar $ 1 – $ 2. Semua data tersebut dalam bentuk digital, dengan kualitas musik digital juga. Harga vinyl sendiri berkisar antara $ 30 – $ 50, dimana lo udah bisa memiliki barang secara fisik dengan kualitas yang lebih bagus dari digital. So it’s worth it !

Vinyl

Vinyl

  • Keinginan untuk memiliki secara fisik

Lucunya ini timbul pada saat para pecinta musik mendownload atau mendengarkan musik mereka secara online. Pada saat itu, timbul keinginan untuk memiliki secara fisik album dari musik yang mereka minati. Mungkin lebih ke prestige kali ya. Dan karena trending vinyl tersebut, maka banyak orang yang memutuskan pada akhirnya untuk membeli vinyl dari musik yang mereka sukai. Walaupun banyak juga band – band indie yang baru muncul, lebih prefer untuk mengeluarkan CD dibandingkan vinyl.

  • Vinyl Sounds Better

Sebenarnya untuk masalah ini, juga masih ada pro kontra si. Menurut beberapa ahli, suara vinyl bisa dibilang dilihat dari berbagai macam aspek. Mulai dari kualitas pressing vinyl itu sendiri, perangkat turntable dan audio yang digunakan, kualitas jarum, dan dari jenis musik yang dimainkan oleh vinyl itu sendiri. Apabila kita memainkan vinyl yang mempunyai mengandalkan efek musik ayng dominan, maka fixed kita harusnya punya turntable dan perangkat audio yang bagus.

Menurut beberapa ahli suara vinyl lebih bagus dari dari perangkat lainnya, termasuk digital dikarenakan vinyl bisa dibilang benda dengan format analog, yang dimana tidak mengalami perubahan dari data analog ke data digital. Jadi pada saat  musik ditransfer melalui pita magnetik kedalam vinyl tersebut, itu merupakan suara yang paling asli tanpa editan, tanpa gangguan2 apapun, transfer langsung dari rekaman kedalam vinyl. Tanpa ada perubahan format, musik yang ditransfer bener2 apa adanya. Sehingga apabila telinga kita jeli, semua detail alat musik bisa didengar, walaupun hanya samar2. Lain halnya dengan CD dan DVD yang masih mengandalkan data digital yang disimpan ke dalam dua benda tersebut dan di convert kedalam sinyal analog, sehingga ada part yang hilang.

  • Warm Sound Of Vinyl

Ini mungkin lebih ke sugesti dari masing – masing orang. Memang, tidak ada bukti ilmiah yang menyatakan kalo suara vinyl jauh lebih “ merdu “, haha. Tapi mungkin kebanyakan orang – orang merindukan musik yang mempunyai suara yang apa adanya, tanpa adanya turut campur teknologi yang mengurangi originalitas dari vinyl.

Soooo, gimana holiers udah mendapat pencerahan belum ?. Menurut pendapat pribadi gw sendiri, mengkoleksi vinyl memang hal yang menyenangkan. Dikarenakan selain dari vinyl itu sendiri, banyak aspek – aspek yang bisa kita ulik menjadi hal yang lebih menarik. Misalkan mulai dari jenis turntable yang uunik, sampai dengan kualitas jarum yang bisa puluhan juta ( wow ! ), jenis2 sound system yang kompatibel, dll. Selama lo bisa menikmati musik dalam bentuk apapun, CD, kaset, DVD, Digital, ataupun vinyl itu suatu bentuk anugerah tersendiri. Anddd.. we must feel grateful for that !. So stay tuned, for the next trending topic. See you around !!!

Penulis : Yendra

Sumber Foto : Google.com

Berita Satu Plaza, Floors.10, Jl. Gatot Subroto 35-36, Jakarta Selatan 12250

CONTACTUS@HOLIDAYONAIR.COM

+6281 212 332 141