HOLIFACT

Hati-hati Kecanduan Esports, Beberapa Orang Telah Mengalami Kerusakan Mata Ini!


  December 22, 2018

Memang tidak salah jika kita sangat menyukai dunia Esports hingga menjadi candu yang begitu dahsyat. Namun, alangkah baiknya jika kita tetap menjaga pola dan gaya hidup agar selalu sehat dan tidak mengganggu aktifitas yang lain.

Tahu kah, Holiers? bahwa jaman sekarang tidak sedikit gamer yang kini merasa bahwa kecanduan esports yang berlebih mengakibatkan kerusakan mata dan otak.  Bayangkan saja, pro player pun mampu bermain game menatap layar monitor/smartphone 10 hingga 12 jam.

Yang lebih mengerikan lagi, bagi para pecandu esports yang berlebih dan para penjoki akun game yang harus mampu mencapai deadline yang client tentukan, mampu bermain lebih lama dari pemain pro. Akankah mereka lebih besar kemungkinan mengalami kerusakan mata? Ya, sangat dipastikan.

Seperti yang dialami oleh rekan-rekan penulis, mereka mulai mengalami beberapa gangguan indera penglihatan akibat bergadang hingga pagi hari bermain game mobile. Apa saja yang mereka alami? Berikut gangguan kesehatan mata akibat bermain video game yang berlebih :

  • Gatal mata
  • Mata yang tiba-tiba mengeluarkan air
  • Pandangan Kabur (rata-rata sebelah mata)
  • Migrain

Mereka mengaku bahwa bermain game mulai sore hingga pagi hari, dimana mereka tidak cukup beristirahat untuk melakukan aktifitas kerja. Alhasil, kesehatan terganggu akibat kurang tidur dan merasa sakit kepala akibat radiasi dari smartphone.

Salah kah kita kecanduan esports? Jawabannya tentu tidak! asalkan kita bisa mencegahnya dengan cara ini :

1. Hentikan bermain game saat mata lelah

Sebagian para pecandu esports tidak mempedulikan hal ini. Rata-rata, para pecandu esports melakukan hal apapun agar mata dipaksa untuk tidak mengantuk (seperti minum kopi dan mencuci muka) yang padahal mata sudah saat nya beristirahat dan mengantuk. Cobalah untuk tidur dan menjauhkan smartphone dari kepala kita, karena radiasi smartphone berbahaya bagi kesehatan otak.

2. Kurangi durasi bermain game

10 hingga 12 jam? Tentu sangat berbahaya bagi kesehatan mata.  Cobalah untuk bermain cukup 2-3 jam dalam satu hari, dipastikan kalian akan mengurangi resiko terkena kerusakan mata.

3. Posisi Layar Smartphone/Monitor

Inilah hal yang fatal dan tidak disadari akan bahayanya posisi layar dan mata. Sebagian pecandu esports terkadang menatap layar dengan jarang yang sangat dekat dengan mata. Normalnya, antara mata dan layar smartphone berjarak 30-40cm agar mata tetap sehat.

4. Atur cahaya Smartphone dan ruangan

Bermain game memang nyaman dengan ruangan yang gelap dan perlu konsentrasi juga pandangan yang terang dari layar Smartphone agar terlihat dengan jelas. Tapi tahukah kalian jika hal tersebut sangat membahayakan bagi kesehatan mata?

Sebaiknya, atur ruangan kalian bermain game untuk tidak terlalu gelap dan kurangi cahaya Smartphone kalian.

5. Perbanyak makanan yang mengandung Vitamin A

Setelah keempat tips yang sudah diberkan, cobalah mengkonsumsi makanan yang mengandung Vitamin A, karena Vitamin A merupakan yang terjitu untuk menjaga kesehatan mata.

Makanan yang mengandung Vitamin A antara lain seperti Wortel, Tomat, Strawberry dan apel.

Apakah kalian mengalami ciri-ciri kerusakan mata seperti yang sudah kita dibahas, HJoliers? Cegah sejak dini sebelum menyesal di kemudian waktu!

Penulis : KOCO

 

Berita Satu Plaza, Floors.10, Jl. Gatot Subroto 35-36, Jakarta Selatan 12250

CONTACTUS@HOLIDAYONAIR.COM

+6281 212 332 141