HOLIFACT

Inilah Cara Instagram Membantu Para Tunanetra Untuk Melihat Postingan!


  December 2, 2018

Instagram baru-baru ini mengumumkan jika mereka telah meluncurkan fitur baru yang memudahkan aplikasi ini digunakan untuk pengguna yang memiliki keterbatasan pengelihatan (tunanetra).

Melansir Hai-online.com, fitur ini akan bersinergi dengan pembaca layar atau screen readers yang merupakan software untuk mendeskripsikan elemen-elemen yang ditampilkan di layar.

Fitur tersebut memungkinkan pembaca layar untuk mendeskripsikan foto, baik secara otomatis menggunakan AI atau dengan deskripsi bacaan yang dibuat sendiri oleh para pengguna.

Deskripsi ini dikenal sebagai “alt text”, yang sudah banyak digunakan secara online dan kini mulai diterapkan di Instagram yang merupakan media sosial untuk berbagi foto.

Para pengguna dapat memberikan deskripsi foto sendiri agar para pengguna yang menggunakan pembaca layar bisa mendengar deskripsi tersebut dibacakan saat mereka browsing feed, halaman Explore, atau profil suatu akun.

 

Jika tidak ada deskripsi dalam foto tersebut, Instagram akan secara otomatis mengidentifikasikan apa yang ada dalam foto tersebut menggunakan teknologi pengenalan objek, kemudian dibacakan kepada penggunanya.

Inilah Cara Instagram Membantu Para Tunanetra Untuk Melihat Postingan! (2)

Deskripsi dalam “alt text” ini tidak akan terlihat, dan para pengguna harus membuka pengaturan “advanced settings” di foto untuk menyertakannya.

Meski ini pertama kalinya diterapkan Instagram, namun Facebook telah menggunakan fitur ini sudah cukup lama.

Video di bawah ini akan memberikan gambaran yang cukup bagus bagaimana orang-orang dengan gangguan pengelihatan menggunakan Instagram hingga kini.

https://youtu.be/pFWIaLgF3oo

Penulis Editor : Koco

Sumber : Hai-online.com

Berita Satu Plaza, Floors.10, Jl. Gatot Subroto 35-36, Jakarta Selatan 12250

CONTACTUS@HOLIDAYONAIR.COM

+6281 212 332 141