HOLIFACT

Musim Hujan Telah Tiba! Inilah Tanda – Tanda Adanya Potensi Angin Puting Beliung Yang Harus Kamu Ketahui!


  December 19, 2018

Musim hujan telah tiba, selain udara yang dapat menyerang daya tahan tubuh kita, hujan yang disertai angin kencang pun menjadi suatu musibah bagi kita.

Dikenal dengan angina Putting Beliung, yang merupakan angin yang berputar dengan kecepatan lebih dari 63km/jam yang bergerak secara garis lurus dengan durasi sekitar 4-5 menit. Bukan hanya itu saja, Angin puting beliung pun disertai hujan yang deras dan kilat petir. Angin puting beliung sendiri biasa terjadi pada siang hari atau sore hari pada musim pancaroba.

Fenomena alam puting beliung ini biasa mengakibatkan hancurnya beberapa rumah tinggal dan pohon-pohon tumbang. Maka dari itu, kita harus waspada sehingga puting beliung tidak memakan korban jiwa.

Dilansir dari styl.id, musim Pancaroba sendiri biasanya ditandai dengan udara yang terasa panas dan gerah, kemudian disusul dengan hujan yang lebat.  Lalu bagaimana tanda-tanda akan hadirnya puting beliung agar kita bisa berantisipasi sebelum terjadi fenomena alam ini?

Musim Hujan Telah Tiba! Inilah Tanda - Tanda Adanya Potensi Angin Puting Beliung Yang Harus Kamu Ketahui! (1)

Tanda datangnya puting beliung adalah udara terasa panas dan gerah pada malam hingga pagi hari. Adanya udara panas dan gerah ini disebabkan oleh adanya radiasi matahari yang cukup kuat. Pada pagi hari sekitar pukul 10.00 pagi, akan terlihat awan putih yang berlapis-lapis yang disebut awan Cumulus.

Anginnya sendiri sekitar 10 menit dari muncul di satu titik lokasi. Luas putaran angin puting beliung biasanya berkisar antara lima sampai sepuluh kilometer.

Cukup terbantu dengan pengetahuan ini? Semoga Holiers tetap waspada dan selalu jaga kesehatan!

Penulis Editor : Koco

Sumber : Styl.id

Berita Satu Plaza, Floors.10, Jl. Gatot Subroto 35-36, Jakarta Selatan 12250

CONTACTUS@HOLIDAYONAIR.COM

+6281 212 332 141