HOLISPORT

Video Assistant Refree atau VAR, Pro dan Kontra Teknologi Sepak Bola


  September 13, 2017

Video Assistant Refree atau yang biasa disingkat VAR, membuat dunia sepak bola menjadi pro-kontra dikalangan pemain dan juga penikmat sepak bola. VAR merupakan video replay yang membantu wasit dalam pengambilan keputusan yang keliru saat pertandingan berjalan.

Awalnya, tujuan VAR ini hanya untuk menghakimi sebuah bola yang melewat garis gawang atau pun sebaliknya. Namun VAR kini difungsikan untuk semua jenis pelanggaran, mulai dari bola lewat garis gawang atau tidak, handsball, tackling/sliding, dan offside/onside.

Bagi kalangan pecinta sepak bola yang Pro terhadap VAR, tentu ini menjadi fair. Tidak ada nya wasit yang bersebelah pihak ataupun kecurangan wasit. Namun, dimata pembenci VAR tentu sepak bola menjadi tidak manusiawi. Mengapa tidak manusiawi? Ya, karena kini sebuah insiden yang harusnya bisa dilihat oleh mata kepala wasit, kini sekecil apapun terjadinya pelanggaran keputusan akhir akan diambil dari sebuah monitor dipinggir lapangan.

VAR sudah mulai digunakan pada tahun 2010 oleh Sepp Blatter yang menjabat sebagai Presiden FIFA saat itu, namun Teknologi ini sudah diterapkan walaupun belum sempurna. Berjalannya VAR ini dalam pertandingan, wasit dibantu oleh assisten di pinggir lapangan dan akan dibantu administrator yang memantau rekaman ulang, lalu meneruskannya pada monitor di beberapa sudut lapangan agar bisa dilihat oleh wasit.

Banyak bintang sepak bola yang mengkritik adanya VAR dalam sepak bola, seperti Cristiano Ronaldo dan Gianlugi Buffon.

”Televisi tidak bisa bekerja dalam sepak bola” ujar Ronaldo.

“Anda mengatakan VAR akan digunakan dalam insiden-insiden saat ada kesalahan, tapi kini wasit bahkan mengecek tayangan ulang untuk jari yang keseleo atau hal kecil lain,” kata Buffon.

Konon, FIFA pun akan menggunakan Teknologi VAR ini untuk Piala Dunia 2018. Mereka sedang melakukan uji coba dan menyempurnakan Teknologi ini agar bisa berjalan dengan baik saat Piala Dunia 2018 bergulir.

Bagaimana ? Setuju atau tidak nih Holiers?

Penulis : Koco

Berita Satu Plaza, Floors.10, Jl. Gatot Subroto 35-36, Jakarta Selatan 12250

CONTACTUS@HOLIDAYONAIR.COM

+6281 212 332 141